-
Mengulang
Mintalah siswa untuk mengulangi apa yang baru saja Anda kemukakan dengan bahasa mereka sendiri. - Berdiri
Berdirilah di samping siswa yang merasa bosan atau tidak fokus. - Berikan markerBerikan marker pada siswa yang merasa bosan atau tidak fokus tersebut untuk menjadi pencatat rekor. Hal ini bisa dilakukan jika guru membuat semacam permainan.
- Tayangkan film pendek
Anda bisa menampilkan sebuah film pendek sebagai selingan di kelas. - Beridiri dan berjalan
Anda sebaiknya menghindari duduk di kursi guru. Berdiri dan berjalanlah di dalam kelas. - Berikan masalah
Berikan masalah untuk dipecahkan oleh siswa - Tanyakan pertanyaan sulit
Berikan pertanyaan sulit yang membutuhkan beberapa langkah untuk menjawabnya. - Membuat sesuatu
Mintalah siswa untuk membuat sesuatu yang berhubungan dengan topik. - Cari tahu
Cari tahu apa yang menjadi minat siswa dan berikan analogi yang berhubungan. - Hilangkan
Sebisa mungkin hilangkan hal-hal yang mengganggu proses pembelajaran. - Kelompokkan
Kelompokkan siswa dalam kelompok-kelompok kecil. - Aturan dalam kelompok
Terapkan aturan dalam kelompok. - Kontrol
Tugaskan siswa untuk mengontrol pelaksanaan aturan. - Bergerak
Biarkan siswa bergerak. - Bermain
Mainkan sebuah permainan. - Insentive
Berikan insentif bagi siswa yang memperhatikan pembelajaran - Field triAdakan Field trip yang berhubungan dengan topik misalnya mengunjungi musiem, lautan, dsb.
- ResearchTugaskan siswa untuk melakukan research untuk memperoleh informasi.
- Mengajar
Tugaskan siswa untuk mengajar teman lainnya. - Membantu
Mintalah siswa untuk membantu Anda. - Musik
Mintalah siswa untuk mencari musik yang relevan dengan topik, kemudian memainkannya. - Quiz
Berikan Quiz di akhir pembelajaran. Pastikan bahwa siswa mengetahui Quiz tersebut. Dengan demikian siswa akan lebih memperhatikan. - Pindahkan
Pindahkan siswa ke tempat yang berbeda dari biasanya. misalnya dari kelas ke ruang perpustakaan. Hal ini untuk menghindari rasa bosan. - Reward
berikan reward bagi siswa yang memperhatikan. - Tanyakan
Tanyakan alasan mengapa siswa tersebut tidak memperhatikan.
Untuk mengadopsi cara-cara tersebut di atas sebaiknya disesuaikan dengan topik, situasi, keadaan siswa dan keadaan kelas.
ijin share yah kak
BalasHapusimsak jakarta